FORSUM

Home » Dasar Forsum » Istilah » Bahan Pakan dan Gizi

Bahan Pakan dan Gizi

additive (aditive) Suatu bahan atau kombinasi bahan yang ditambahkan, biasanya dalam kuantitas yang kecil, ke dalam campuran makanan dasar atau bagian dari padanya, untuk memenuhi kebutuhan khusus. Lihat aditive bahan konsentrat, aditive bahan suplemen, aditive bahan premix, aditive bahan makanan.

antibiotic (antibiotik) Suatu obat yang disintese oleh suatu organismemikro dan mempunyai kemampuan (dalam konsentrasi sesuai) untuk menghambat pertumbuhan dari organisememikro yang lain.

apparent digestible energy (DE) (energi tercema nyata) (ET) Energi bruto (EB) makanan yang dimakan dikurangi energi fekal (EF). Sinonim: Energi terabsorbsi nyata, energi dant makanan yang nyata tercerna. Lihat “GE digestion coefficient”. ET (EB dari nakanan per unit berat kering x berat kering x berat kering dari feses).

as fed (seperti yang diberikan) Lihat kandungan bahan kering (dry matter) dari contoh bahan makanan.

balanced (serasi) Kandungan zat gizi dalam jumlah dan proporsi yang memenuhi kebutuhan fisiologi dari hewan ternak seperii yang sevara resmi dinyatakan dalam ilmu gizi ternak. Spesies-spesics untuk mana makanan atau ransum diperuntukkan dan fungsi-fungsinya, seperti perawatan. perawatan dan produksi (pertumbuhan,janin, lemak, air susu, telur, wool, bulu, atau kerja) harus dinyatakan.

biscuit (biskuit) Bentuk dari pemasakkan adonan roti.

block (balok) Masa dari bahan makanan yang dipadatkan biasanya dengan timbangin berat 15 sampai 25 kg dan cukup kuat untuk mempertahankan bentuknya. Lihat ‘brick’ (bata), pellets.

brand name (nama dagang) Didefinisikan oleh “The Association of American Feed Control Official” sebagai -suatu kata, nama, simbol atau gambar atau setiap kombinasinya yang membedakan bahan maka-nan yang diperdagangkan oleh suatu penyalur dari penyalur yang lain.

brick (bata) Masa dari bahan makanan yang dipadatkan dengan berat kurang dari I kg dan cukup kuat untuk mempertahankan bentuknya.

cake (bungkil) Masa dari bahan makanan yang biji-bijian, daging, atau ikan untuk mengeluarkan minyak, lemak, atau cairan lainnya.

calorie (cal) (kalori (kal)) Unit untuk mengukur cnergi kimia. Di-definisikan sebagai banyaknya panas yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu 1gram air dant 14.50 sampai 15.5 0C pada tekanan standard Seribu kalori dinyatakana sebagai 1 kilokalori (kkal) (kilo-kalori lebih dipilih daripada Kalori dieja dengan ‘k’ kecil); 1juta kalori adalah I megakalori (Mkal). Satu kalori setara dengan 4.184 joule (J), adalah unit dari energi listrik di-definisikan sebagai 107 erg atau, dalam praktek, energi yang mengembang dalam I detik oleh aliran listrik/ampere dengan tahanan I ohm. Kalori standard yang dipergunakan untuk menunjukkan energi kimia dalam bahan makanan dan proses metabolisme di-dasarkan pada panas pembakaran dari asam bensoat yang telah dengan tepat ditetapkan/ ditentukan yaitu 771.36 t-0.03 kkal/mol.

commercial feed (bahan makanan komersial) Didefinisikan didalani “The Uniform Feed Bill” (suatu Undang-Undang) dari Lembaga Pemeriksaan Bahan Makanan Amerika sebagai berikut: Istilah “bahan makanan komersial” mempunyai arti semua bahan yang disalurkan/dijual untuk makanan atau dicampurkan didalam makanan, untuk hewan dan bukan untuk manusia kecuali:

(1) ‘Option A’ –Bijian yang tak dicampur, keseluruhan atau diproses yang dibuat langsung dari bijian utuh yang tidak diubah nilai gizinya seperti yang dimaksud dalam Ayat 7 dant Undang-Undang ini. ‘Option B’ –Bijian utuh yang tidak dicampur, diproses yang tidak diubah nilai gizinya seperti yang dimaksud dalam Ayat 7 Undang-Undang ini.
(2) Hay,jerami, tebon (‘Stover’), silase,janggel, dedak dan sekam
(i)bila tidak digiling, dan
(ii) bila tidak dicampur dengan bahan lain.
(3) Bahan-bahan kimia individual bila tidak dicampur dengan bahan lain seperti yang diatur didalam Undang-Undang.

complete feed (makanan lengkap) Makanan yang cukup gizi untuk hewan tertentu didalam tingkat fisiologi tertentu. Dibentuk/dicampur untuk diberikan sebagai satu-satunya makanan dan mampu dalam merawat hidup pokok atau produksi (atau keduanya) tanpa tambahan bahan/substansi lain kecuali air.

concentrate (konsentrat) Suatu bahan makanan dipergunakan bersama bahan makanan lain untuk meningkatkan keserasian gizi dari keseluruhan makanan dan dimaksudkan untuk disatukmn dan dicampur sebagai suplemen (pelengkap) atau makanan lengkap.

corn (jagung) Lihat maize (Istilah internasional).

crumbles ( ) Bahan makanan yang dipelet dikurangi ukurannya dengan menggunakan gilingan. cubes (kubus) Lihat ‘pellet, range cubes’. cull ( ) Bahan yang ditolak, dalam penilaian atau pemisahan, sebagai bahan yang jelek. culture (kultur) Media gizi untuk pengembangbiakan/ penumbuhan organisma mikro tertentu.

customer-formula feed ( ) Makanan komersial yang komponennya dicampur berdasarkan pesanan tertentu dari pembeli akhir atau pengontrak.

dextrose equivalent (keselarasan dekstrose) Ukuran untuk pengurangan bentuk/kekuatan (‘reducing power’) dar hidrolise gula dan pati dihitung sebagai dekstrose. Keselarasan ditunjukkan sebagai persen dari substansi kering.

diet (diet) Makanan dan minuman yang diberikan kepada atau dimakan oleh hewan. digestible energy (energi tercerna) Lihat ‘apparent digestible energy’.

diluent (diluent) Substansi yang dapat dimakan yang dicampur dengan zat gizi atau aditive untuk diper-gunakan, atau mudah dikontrol dalam pencampuran yang seragam dalam bahan makanan. Suatu diluent depat juga disebut sebagai pelarut/pembawa.

drug (obat) Di-definisikan oleh Badan Tentang Bahan Makanan dan Obat-Obatan Amerika Serikat (USFDA) sebagai berikut; Suatu substansi (a) dimaksud untuk digunakan dalam diagnose, pengobatan, perlakuan atau pencegahan penyakit pada manusia atau hewan lain atau (b) suatu substansi selain makanan dimaksud untuk mempengaruhi struktur atau suatu fungsi dari tubuh manusia atau hewan lain.

dry (kering) Lihat ‘dry matter content of feed samples’.

dry matter content of feed samples (bahan kering dari sampel bahan makanan) Bahan kering dan sampel bahan makanan dan bahan-bahan lain ditunjukkan dalam tiga dasar bahan kering: ‘as fed’; ‘partially dry’; dan ‘dry’. lstilah-istilah tersebut sbb.: as fed (seperti yang diberikan) Diartikan sebagai makanan yang dimakan oleh hewan: istilah ‘seperti yang dikumpulkan’ dipergunakan untuk material yang tidak biasa dimakan oleh hewan, i.e., urine, feses, dsb. Bila analisis dari sampel dipengaruhi oleh pengeringan sebagian, analisa dijalankan pada sampel “seperti yang diberikan” atau “seperti yang dikumpulkan”. Istilah yang sama: kering udara, i.e., hay; seperti yang di-terima; segar; hijau; basah.

partially dry (kering sebagian) Diartikan sebagai bahan “seperti yang diberikan” atau “seperti yang dikumpulkan” yang telah dikeringkan didalam oven (biasanya dengan aliran udara) pada suhu 60 0C atau kering.beku dan telah disetimbangkan dengan udara; sampel setelah diproses tersebut biasanya mengandung lebih dari 88%bahan kering (12% air); beberapa bahan di. siapkan dengan jalan ini sehingga dapat diambil sampelnya, dianalisa kimia dan disimpan. Analisa ini dinyatakan sebagai “bagian bahan kering % dari sampel” seperti yang diberikan atau “seperti yang dikumpulkan”. Sampel kering sebagian harus dianalisa bahan keringnya (ditentukan didalam over, pada 105° C) untuk mengkoreksi analisa kimia yang dikerjakan, ke dasar “kering”. Analisa ini disebut sebagai “% bahan kering bagian dari sampel kering”. Istilah yang sama = kering udara (“air dry”) (seringkali kering udara juga disebut sebagai “seperti yang diberikan”); lihat “as fed”. dry (kering) Kering diperuntukkan bagi sampel yang telah di keringkan pada 105 0 C sampai semua air dihilangkan. Istilah yang sama, 100% bahan kering; bebas air. Bila bahan kerin:-(didalam oven pada 105 0C) telah ditentukkan pada sampel “seperti yang diberikan” ini diartikan/disebut sebagai “Bahan kering dari sampel yang diberikan”. Bila bahan kering ditentukan pada suatu bagian sampel kering ii disebut sebagai “bahan kering dari bagian sampel kering”. Disarankan bahwa analisis dilaporkan pada dasar “kering” (100% bahan kering atau bebas air), dan sebagai tambahan “bahan kering seperti yang diberikan” harusjuga dilaporkan.

emulsifier (pengemulsi) Suatu bahan yang berkemampuan menurunkan tegangan permukaan dari suatu sistem dimana bahan tersebut ditambahkan.

external marker (tanda eksternal) Lihat “indicator, external”. fecal marker ( ) Lihat “indicator”; lihat “marker, fecal”.

feed(s) (bahan makanan) Suatu bahan (bahan-bahan yang dimakan oleh hewan, yang mengandung energi dan zat-zat gizi (atau keduanya) didalam makanan tersebut

feed additive concentrate (bahan makanan konsentrat aditiv) Di-definisikan oleh Lembaga Bahan Makanan dan Obat.Obatan Amerika Serikat sebagai berikut: Suatu bahan yang dibuat/disiapkan untuk kemudian dicampurkan (‘diluted’) untuk membentuk makanan lengkap atau bahan makanan suplemen (pelengkap) aditiv dan tidak seyogyanya diberikan sebagai suatu pelengkap atau diberikan secara bebas tanpa dicampurkan. Mengandung, diantara beberapa bahan lain, satu aditiv atau lebih dalam jumlah yang serasi dalam suatu makanan dasar seperti misalnya dari 50 sampai 500 kg konsentrat harus dicampurkan untuk membentuk 1 ton makanan lengkap. Suatu “makanan konsentrat aditiv” tidak aman bila diberikan tanpa batas (bebas) atau sebagai pelengkap karena berba-haya bagi kesehatan hewan atau karena menghasilkan

suatu sisa (residu) dari produk yang dimakan dalam bahan makanan berasal dari hewan ternak bila melebihi tingkat keamanan seperti yang ditentukan.

feed additive premix (bahan makanan premiks aditiv) Di-definisikan oleh Lembaga Bahan Makanan dan Obat-Obatan Amerika Serikat sebagai berikut: Suatu bahan yang harus dicampurkan/diencerkan untuk keamanan penggunaannya didalam suatu bahan makanan konsentrat aditiv, suatu bahan makanan pelengkap aditiv, atau suatu makanan lengkap. Bahan tersebut mengandung, diantara bahan-bahan lain, satu aditiv atau lebih dengan konsentrasi yang tinggi dalam suatu makanan dasar seperti misalnya lebih dari 50 kg harus dicampurkan untuk membentuk 1 ton makanan lengkap. Suatu bahan makanan pre-miks aditiv mengandung aditiv dalam tingkat di-mana keamanan/keselamatan hewan ternak dapat dijaga dan/atau tidak menunjukkan pengendapan pada produk yang berasal dari hewan ternak yang dapat dimakan manusia, seperti tingkat keamanan yang telah ditentukan.

feed additive supplement (bahan makanan pelengkap aditiv) Di-definisikan oleh Lembaga Bahan Makanan dan Obat-Obatan Amerika Serikat sbb.: Suatu bahan untuk makanan hewan ternak yang mengandung satu aditiv atau lebih dan diperuntukkan untuk:
(1) Selanjutnya diencerkan dan dicampurkan sebagai pelengkap kedalam bahan-bahan makanan lain; atau
(2) Diberikan tanpa diencerkan sebagai pelengkap kedalam bahan-bahan makanan lain; atau
(3) Diberikan secara bebas bersama bagian lain dari
ransum secara terpisah. Suatu “bahan makanan pelengkap aditiv” aman untuk hewan ternak dan tidak menghasilkan residu yang tidak aman dalam makanan manusia yang berasal dari hewan ternak bila diberikan kepada ternak secara wajar.

feed grade (grade bahan makanan) Cocok untuk dima-kan hewan ternak tetapi tidak untuk manusia. feed mixture (campuran bahan makanan) Lihat ‘formula feed’.

fines (halus) Bahan/material yang dapat menembus/metalui ayakan yang penampang lubangnya lebih kecil daripada ukuran minimum untuk “crumbles, pellets”, atau substansi seperti misalnya ampasjeruk (‘citrus pulp’).

food additive (makanan aditiv) Di-definisikan oleh Lembaga Bahan-Bahan Makanan dan Obat-Obatan Amerika Serikat sebegai berikut: Setiap bahan yang menjadi komponen atau mempengaruhi kekhususan makanan ternak atau manusia bila bahan tadi tidak secara umum dikenal oleh para ahli yang terlatih dan berpengalaman untuk mengevaluasi bahan tadi sebagai cukup aman ditinjau dari prosedure ilmiah dibawah kondisi/ lingkungan dimana bahan tadi seharusnya dipergunakan. Pengecualiannya adalah bahan yang “mendapat sanksi” dan peptisida kimia dibawah kondisikondisi tertentu.

food grade (grade makanan) Diperuntukkan bagi konsumsi manusia.
forage (hijauan) Bagian aerial dari tanaman terutama rumput dan legume (kacang.kacangan), yang mengandung 18% serat kasar dalam dasar kering yang dipergunakan sebagai makanan ternak. lstilah ini biasanya hanya diperuntukkan bagi bahan yang berasal dari tanaman sebagai hijauan padangan, hay silase, dan bahan makanan hijauan yang dicacah.

formula feed (makanan racikan) Makanan yang serasi yang mengandung dua bahan makanan atau lebih, dicampur, dan diproses sesuai dengan ketentuan pembuatnya/pabrik.

free choice (pemberian bebas) Sistem pemberian makanan dimana hewan ternak diberi kebebasan tak terbatas terhadap bahan-bahan makanan yang terpisah atau campurannya dari bahan-bahan makanan yang membentuk diet.

fresh (segar) Baru saja diproduksi atau diambil; tidak disimpan, diberi perlakuan atau diawetkan.

fungal amylase process distillers grains with solubles ( ) Ampas hasil penggabungan pelarutan dan distilasi padi-padian dan pengeringan setelah hidrolise pati oleh amilase ragi.

gross energy (GE) (energi bruto=EB). Sejumlah panas yang dibebaskan bila suatu substansi dioksidasi secara total didalam “bomb calorimeter” yang mengandung 25 sampai 30 atmosfer oksigen. Sinonim = panas pembakaran.

gross energy digestion coefficient (koefisien cerna energi bruto) Persen energi bruto yang nyata diserap (diabsorbsi) koefisien cerna GE.

indicator, external (indikator, eksternal) Substansi yang ditambahkan dalam makanan atau dimakan dan hampir tidak diserap dari saluran pencernaan dan mungkin keluar bersama feses tanpa perubahan (e.g., khromik oksida, feril oksida, zat pewarna, bahan radioaktiO. Mereka dipergunakan untuk memperkirakan banyak feses yang dikeluarkan atau “intak” bahan kering. Sinonim: external marker.

indicator, internal (indikator, internal) Substansi yang berasal dari makanan yang sedikit atau hampir tidak diserap dari saluran pencernaan dan mungkin dengan lengkap keluar bersama feses (e.g., lignin, khromogen, nitrogen, fekal, silika, fraksi feses yang larut dalam asam, dan methoksil dan serat). Mereka dipergunakan untuk memperkirakan daya cerna nyata dan “intake” dari bahan kering. Sinonim: external marker. indicator, urinary (indikator, urine) Substansi yang dengan lengkap terserap dari saluran pencernaan dan keseluruhannya dikeluarkan bersama air seni (urine)

internal marker Lihat “indicator, interval”.

joule (J) Organisasi Standardisasi Internasional mende-finisikan I joule sebagai “suatu kerjaan bilamana suatu titik dipindahkan sejauh satu meter (m) dengan kekua-tan satu newton (n) dan searah dengan tujuan kekuatan tersebut”. Satu kalori setara dengan 4.184joules. Lihat ‘calori’. kilocalorie (kcal) Seribu kalori kecil lstilah ini lebih dipilih dari pada Kalori. Lihat ‘calorie’. marker, fecal (tanda, fekal) Suatu substansi digunakan untuk mewarnai atau nienandai suatu ransum sehingga feses yang dihasilkan dari ransum tsb. dapat secara kuantitative dikumpulkan (e.g., ferioksida atau carmine). Lihat ‘indicator, external’. mash ( ) Suatu campuran dari bahan-bahan makanan dalam bentuk tepung. Sinonim: ‘mash feed’. meal ( ) Suatu bahan makanan yang digiling atau dikurangi ukurannya, sedikit lebih besar daripada
tepung.

megacalorie (Mcal) (Satujuta kalori kecil) Lihat ‘calorie’.

metabolizable energy (ME) (energi termetabolisme) Intake dari energi bruto bahan makanan dikurangi dengan energi dalam feses, dikurangi energi dalam gas hasil pencernaan, dikurangi energi dalam urine.

micro ingredients (bahan-bahan makanan mikro) Vita-in, mineral, antibiotika, obat-obatan dan bahan-bahan lain yang biasanya dibututhkan dalan jumlah (takaran) kecil dan diukur dalam miligram, atau bagian per juts (part per million).

net energy (NE) (energi neto =NE) Perbedaan antara energi termetabolisme dan tambahan panas (heat increment). Termasuk disini adalah energi digunakan untuk perawatan tubuh (hidup pokok) saja atau hidup pokok dan produksi. Energi neto dapat juga didefinisikan sebagai energi bruto (GE) dari kenaikan/ pertambahanjaringan atau dari produk hasil sintese ditambah dengan energi untuk kebutuhan hidup pokok. Dibawah suhu kritis, energi neto meliputi sebagain atau keseluruhan dari tambahan panas (heat increment). Laporan tentang energi neto harus dengan jelas menerangkan fungsi-fungsi yang diikut-sertakan. Penjelasan tambahan sangat diseyogyakan. Sebagai contoh, mung. kin ada nilai-nilai energi neto untuk hidup pokok (perawatan tubuh) ditambah produksi (NEm+p)
, energi neto untuk hidup pokok saja (NEm), atau energi neto untuk produksi saja (NEp).

net energy for maintenance (NEm) (energi neto untuk hidup pokok) Bagian dari energi neto yang digunakan untuk mengatur kesetimbangan energi dalam tubuh hewan. Pada saat hewan dalan stadium ini, tidak ada kenaikan atau kehilangan energi dalam jaringan tubuh hewan. Energi neto untuk hidup pokok dari seekor hewan yang berproduksi mungkin tidak sama dengan berat badan yang sama. Perbedaan ini disebabkan oleh perubahan juilah hormon yang diproduksi dan perbedaan dari aktifitasnya. Perbedaannya mungkin diakibatkan oleh hidup pokok tetapi kenyataan dalam praktek biasanya disebabkan oleh kebutuhan produksi.

net energy for production (NEp) (energi neto untuk produksi) Bagian dari energi neto, sebagai tarnbahan dari kebutuhan akan energi untuk hidup pokok yang dipergunakan untuk kerja atau kenaikan jaringan tubuh (pertumbuhan atau produksi lemiak atau keduanya), atau untuk sintese, sebagai misalnya,janin, air susu, telur, atau wool. Ilarus selalu dengan jelas dinyatakan macam produksi yang terlibat. Sebagai contohnya, dapat sebagai: NEegg; NEgain; NEmilk;
NEpe NE atau NEwork (egg preg’ wool, wok(g-telur; gainkenaikan; milk =air susu; preg = kebuntingan; wool = wol; work = kerja). niti’gen equilibrium metabolizable energy (MEn) (i:esetimbangan nitrogen energi termetabolisme) Intake energi bruto makanan dikurangi energi fekal dikurangi energi dari produksi gas dalam proses penc-rnaan, dikurangi energi urine, dikoreksi untuk nitrogen yang tertinggal atau hilang dari tubuh. Untuk unggas dan hewan manogastrik, gas hasil proses pencernaan dapat diabaikan. Untuk manialia koreksi dibuat sebagai berikut: untuk setiap gram nitrogen yang hilang dari tubuh (imbangan nitrogen negatif) 7-45 kcal dikurangi (sebagai koreksi) dari energi termetabolisme. Kalau nilai ini didapat dengan percobaan dengan aiijing, mungkin tidak samasekali benar untuk hewan-hewan lainnya. Dalam kasus hewan mensintese produk seperti air susu atau telur, tidak diadakan koreksi nitrogen untuk produk-produk ini. Istilah yang sama: energi terkatabolisme. ME = GE. -FE -UE -GPD+. koreksi (GPD =gas produk pencernaan). Untuk unggas, faktor yang dipilih adalah 8.73 kcal karena nilai tersebut mewakili rata-rata energi bruto dari urine yang tidak tercemar feses.

orts ( ) Makanan yang tidak dimakan ketika hewan sedang dalam penentuan daya cerna. Sinonim: weigh. back (timbangan balik). pellets (pelet) Bentuk masa bahan makanan atau makanan yang dibentuk dengan menekan dan memadat, kannya melalui lubang cetakan secara mekanis. Sinonim: pelet bahan mkanan, pelet keras. Pelet
lunak adalah pelet yang mengandung cukup cairan untuk pencegalian debu dan pendinginan dengan cepat. Sinonim: pelet tetes (molasses) tinggi. Lihat ‘block’, ‘buck’.

pit silo (silo) Sumuran dibawah tanah yang ditutup bila sudah penuh untuk mencegah masuknya udara dan dipergunakan untuk menyimpan silase.

premixed (premiks) Suatu campuran permulaan dengan bahan pengencer (diluent) atau pembawa (carrier) atau keduanya yang akhirnya dicampurkan kedalam bahan makanan atau campuran bahan makanan. Lihat ‘micro-ingredients’.
presswater ( ) Cairan ekstrak didapat dari ikan atau daging dengan menekan ikan atau daging secara hidrolik diikuti dengan pengambilan lemak atau minyak (atau keduanya), biasanya dengan men-sentrefusi.

range cake ( ) “Cake” diberikan dipadangan (range-land), biasanya diatas tanah (e.g., “cake” biji-kapas). Lihat “cake”.

range cubes ( ) Pelet yang besar yang dimaksud di-sebarkan diatas tanah untuk makanan ternak. Sinonim: ‘range wafers’.
range wafers ( ) Lihat range cubes.

ration (ransum) Jumlah total bahan makanan (makanan = diet) yang diberikan (dijatahkan) depada seekor hewan untuk periode 24-jam.
roughage (makanan kasar) Bahan makanan yang berasal dari tanaman, khususnya produk sampingan (limbah) dari tanaman yang dipanen (crop), tinggi seratkasarnya, rendah daya-cernanya dan rendah proteinnya. Contoh: jerami, tebon, sekam dan janggel.
35

scratch grain ( ) Bijian utuh, pecah atau potongan. Sinonim: ‘scratch feed’.

self-fed ( ) Diberikan terus menerus. Diartikan dengan komponen dari makanan (diet) atau campuran dari domponen-komponen. “Self.feeding” memung. kinkan hewan makan bilamana menghendaki.

supplement (suplemen) Suatu bahan makanan atau campuran bahan niakanan dicampurkan pada bahan lain untuk meningkatkan keserasian dari makanan akhir. Dapat diberikan tanpa dicampur dengan bahan lain, diberikan secara bebas bersama makanan lain secara terpisah, atau dicampurkan dengan bahan makanan lain untuk membentuk makanan lengkap (complete feed). titer (titer) Titik pengerasan (dimana suatu bahan mulai mengeras) (ditentukan dengan pemanasan atau pendinginan) dari asam-asam lemak yang dilepaskan dari lernak dengan hidrolise.

trace mineral (mineral mikro) Zat-zat mineral yang dibutuhkan oleh hewan dalam jumlah/takaran yang kecil.

trench silo ( ) Lubang/ruang dalam tanah yang diisi dengan hijauan segar kemudian ditutup untuk mencegah masuknya udara, dan terbentuknya silase.

urinary indicator ( ) Lihat “indicator, urinary”.
vitamins (vitamin) Komponen organik yang berfungsi sebagai bagian dari sistim enzime yang diperlukan untuk pemancaran energi dan pengaturan metabolisme.

weighback (timbang balik) Makanan yang tidak dimakan bilamana hewan sedang dalam percobaan-percobaan pemberian makan, daya cerna atau kesetimbangan. Sinonim: ‘orts’. wet (basah) Bahan yang mengandung cairan, atau yang direndam atau dibasahi dengan air atau cairan lainnya. wilted (layu) Suatu produk yang telah kehilangan “turgor”-nya sebagai akibat proses pengeringan.

without germ (tanpa lembaga) Bakal biji/lembaga secara keseluruhan atau sebagian terpisah dari patiendosperma. Diartikan untuk biji. Lihat “degermed.”

without hulls (tanpa sekam) Sekam yang diambil. Lihat “dehulled”.

Sumber : Tabel-Tabel Dari Komposisi Bahan Makanan Ternak Untuk Indonesia


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: