FORSUM

Home » Uncategorized » Formulasi Ransum Domba Menggunakan Ampas Tahu

Formulasi Ransum Domba Menggunakan Ampas Tahu

hipedoki.files.wordpress.com

Berkeliling ke kampung-kampung, hmm.. masih banyak sekali peternak yang mengusahakan ternak (domba) nya sebagai usaha sambilan saja. Al hasil, outputan/luaran yang didapatkan masih seadanya.

Domba yang diperlihara rata-rata diberikan rumput lapang, atau legum2an disekitar. Jikalau komposisi dari rumput dan legum baik ya tidak masalah, okeoke saja untuk digunakan. Namun bila ternyata kandungan nutrient nya masih kurang baik, maka apa yang dapat kita lakukan??

Oke, tidak ada salahnya jika disekitar kita ada pengusaha tahu dengan memanfaatkan ampas tahu yang dihasilkan. Bagaimana cara nya?? Tetap domba kita berikan rumput ad libitum. dan kita tambahkan ampas tahu kurang lebih 300 gram/hari.

Bagaimana hasil perbandingannya??

Berdasarkan penelitian Duldjaman (2004), domba yang hanya diberikan rumput lapang menghasilkan PBB per hari sebesar 15 gram. Setelah ditambahkan ampas tahu dapat mencapai PBB per hari sebesar 95 gram. Soo,, tidak ada salah nya jika ingin mencoba untuk meningkatkan PBB harian.

SUMBER :

Duldjaman, M. 2004. Penggunaan Ampas Tahu untuk Meningkatkan Gizi Pakan Lokal.  Media Peternakan, Desember 2004, hlm. 107-110 Vol. 27 N0. 3. ISSN 0126-0472


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Forsum

%d bloggers like this: