FORSUM

Home » Uncategorized » Road To www.4-ransum.com

Road To www.4-ransum.com

Alhamdulillah setelah sekian lama, diberikan kesempatan untuk mengembara lagi,, hehhe.. keliling dah bahasa sederhananya.

Berangkat dari pemikiran untuk membuat media edukasi formulasi ransum,, biar peternak bisa nih ngeransum sendiri dan lancar. gak cuma tau formula, tapi bisa memformulasikan sendiri ransum dengan tepat, murah dan mantab. sehingga tidak terjadi lagi ketergantungan, kan kasian. apalagi ketemu musim kemarau, dll. setidaknya bisa bertahan.

Perjalanan pertama, karena dana yang minim akhirnya team memasukkan propsal ke dikti bersamaan dengan adanya PKM, dan alhamdulillah singkat cerita proposal diterima dan didanain. meskipun belum keluar si kisaran dananya berapa, tapi alhamdulillah deh.. ada tahapan awal yang bisa dipijak.

IPB juga alhamdulillah memberikan dana pembinaan awal 400 ribu, lumayan dah. kita manfaatkan untuk survey ke peternak2.

Survey pertama mengunjungi Santri Sejahtera Farm, banyak ilmu yang diperoleh. Yaitu adanya sistem plasma dalam pengembangan usaha, selanjutnya memanfaatkan kearifan lokal dan satu kata “mental”, berwirausaha.

Jalan lagi, mengunjungi KOPNAKCI, pelajaran yang diperoleh yaitu : membuat suatu web yang merangkul pembesar2 komunitas, sehingga bisa bermanfaat ke bawah. juga buat konsepan web edukasi dimana para praktisi dan pembesar komunitas bisa share ilmu dengan difasilitasi media tulis, video, photo dalam web. Siap dah, insyA semua kita rumuskan dan akomodir bersama.

Mau tau perjalanan selanjutnya?? simak edisi berikutnya,, haha.. Karena penulis sendiri juga belum tau apa yang akan terjadi nanti,, heheh..

“Semoga Bermanfaat, Kreasi Tiada Henti”…

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Forsum

%d bloggers like this: