FORSUM

Home » Uncategorized » Pengaruh Air Hujan Terhadap pH Air

Pengaruh Air Hujan Terhadap pH Air

By : Ibnu Subroto Soewito

Pengaruh musim yang tidak menentu seperti sekarang ini perlu diwaspadai, dari kemungkinan terjadinya bencana alam. Seperti, munculnya angin putting beliung dan lainnya. Dampak pengaruh cuaca tersebut ternyata, juga berimbas pada penurunan hasil produksi di bidang perikanan. Menurut Kepala Bidang Sumber Hayati Perairan Darat, Dinas Kelautan dan Perikanan Pemkab Sidoarjo, Ir Bachruni Aryawan,MM kepada Investigasi pekan lalu mengatakan, pengaruh musim cuaca sudah pasti ada bagi kelangsungan kehidupan perikanan termasuk ikan dan udang “Musim kemarau ke musim penghujan jelas ada pengaruhnya, karena air hujan mengandung pH asam antara antara 4-6,9 derajat,” jelasnya.

Lebih jauh Bachruni menjelaskan, pH dibawah 4 dan pH diatas 6,9 derajat, akan berpengaruh terhadap kehidupan organisme ikan dan udang. “Kedua jenis tersebut (ikan dan udang) akan gelisah sehingga nafsu makan akan berkurang, akhirnya sulit untuk bisa berkembang dengan baik,”, namun demikian, berbagai solusi untuk mengatasi terjadinya penurunan produktifitas perikanan dilakukan dengan cara, diantaranya, untuk pH dibawah 4 derajat dikasih kapur. Sedang untuk pH diatas 6.9derajat di tambah air supaya ikan dan udang akan bisa terbiasa di tambak.

pH air hujan adalah kontrol penting pH air permukaan, dan ini menunjukkan cukup variasi spasial dan temporal. Karena ketiadaan polutan dan aniom asam kuat seperti sulfat dan nitrat, pH air hujan asam secara alami (pH 5.65-5.7), setara air murni dalam keseimbangan dengan tingkat atmosfer CO2 (hem,1992).

Keasaman dari sumber anorganik lebih tinggi dimusim hujan (dingin) sebagai akibat dari semakin tingginya atmosfer terlarut total beban(Barbieri dan Mosello, 2000).

pH mempunyai pengaruh besar terhadap kehidupan tumbuh-tumbuhan dan binatang air, sehingga sering kali pH dari suatu perairan untuk menyatakan baik buruknya keadaan perairan.

Deretan pH :

4 = Acid death point

5 = Tidak berkembang biak

6 = Pertumbuhan menurun

7,8,9 = Pertumbuhan baik

9.5 = Pertumbuhan menurun

10 = Tidak berkembang biak

11 = Kematian pada basa

Sumber: http://www.indonesianaquaculture.com/


4 Comments

  1. Anonymous says:

    tk kene laaa

  2. Willy Wyanto says:

    Jadi to the point aja langsung, pengaruh air hujan terhadap perubahan PH air itu apa?!

    #PR

  3. suparman says:

    Terima kasih pal ibnu, atas infoasinya ini sangat berguna sekali bagi saya yang masih awam dengan asam dan basa ph air .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Forsum

%d bloggers like this: