FORSUM

Home » Uncategorized » 3 Tips Teknik Detoksifikasi Aflatoksin

3 Tips Teknik Detoksifikasi Aflatoksin

1. Detoksifikasi secara fisika

Tangan, mekanik dan teknik seleksi elektronik dapat membuang kacang tanah yang kotor, pecah dan rusak atau tidak cukup tumbuh. Hal ini dapat mereduksi kandungan aflatoksin. Disarankan juga biji disortir sebelum proses pemilihan kahir karena kapang dapat tumbuh di kotiledon yang tak tampak luar.

Melakukan autoklaf selama 4 jam dapat mereduksi aflatoksin B1 dalam tepung kacang tanah hingga 95%. Pemanggangan kacang tanah selama setengah jam pada suhu 150°C dapat mereduksi aflatoksin hingga 80%.

2. Detoksifikasi secara kimia

Campuran aseton-heksana-air dalam perbandingan 50:48,5:1,5 (v/v) dapat digunakan sebagai pelarut ekstraksi analisa produk kacang tanah (Dollear, 1969).

Natrium peroksida mereduksi aflatoksin B1 dan B2 menjadi derifat yang tidak berfluoresensi.

Penggunaan etanol encer dengan HCl dan dinetralkan dengan alkali encer maka aflatoksin B1 dapat dihidrasi menjadi hidroksi-hidroaflatoksin.

Amoni merupaakn salah satu pereaksi yang paling efektif untuk detoksifikasi aflatoksin pada kacang tanah dan biji kapas (Dollear, 1969: Marth dan Doyle, 1979).

Amonia dapat mereduksi hingga 95-96% dari total aflatoksin pada kacang tanah dan biji kapas, namun dapat menurunkan nilai efisiensi protein dan mengubah komposisi kimia bahan.

3. Detoksifikasi secarea biologis.

Kapang Neurospora sp. dan Rhizopus sp. dapat menurunkan kadar aflatoksin masing masing 50% dan 70%. Miroorganisme yang dapat merusak aflatoksin diantaranya berbagai macam kapang dan bakteri Flavobacterium auranticum dan Corynebacterium rubrus dan satu jenis protozoa Tetrahymena pyriformis.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Forsum

%d bloggers like this: