FORSUM

Home » Uncategorized » Ponpes Darul Falah (Pengembangan Peternakan berbasis Teknologi Maju)

Ponpes Darul Falah (Pengembangan Peternakan berbasis Teknologi Maju)

PUSAT PELATIHAN

Pondok Pesantren Darul Falah merupakan salah satu Ponpes sukses dalam pengembangan Agribisnis. Berlokasi di Desa Ciampea, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor memiliki subsektor usaha pengolahan dan pemasaran hasil pertanian dengan jenis usaha agribisnis dan peternakan.

Ponpes ini telah memiliki unit usaha berbadan hukum Perusahaan Terbatas (PT). Berbagai PT yang berada  di bawah yayasan Darul Falah adalah PT Dafa Tekno Agrimandiri, bergerak dalam bisnis bibit tanaman berteknologi kultur jaringan dan PT Zagrotech Dafa Internasional, bergerak di bidang penggemukan sapi potong dengan kapasitas 500 ekor.

Selain itu yayasan ini pula memiliki berbagai unit usaha dibawah Koperasi Pesantren Darul Falah, yang lebih berorientasi pada arah pelayanan untuk komunitas internal, yakni para ustadz, santri dan keluarga kalangan pesantren.Unit usaha dibawah Koperasi diantaranya Warung Serba Ada (Waserba) dan usaha simpan pinjam.

Dalam pengelolaannya pesantren hanya bertanggung jawab terhadap pendidikan, sedangkan unit usaha berada di bawah yayasan. Adapun hubungannya unit usaha digunakan sebagai penguat pembangunan pesantren, praktek bertani/beternak, konsultasi dan industri bagi para santri.

Teknologi dan Filosofinya

Ponpes Darul Falah didirikan oleh KH Sholeh Iskandar (alm) yang memiliki visi untuk memberdayakan kaum dhuafa (petani-nelayan) dengan teknologi pertanian yang maju dan tepat guna.

Pada akhir tahun 60’an, Darul Falah telah melakukan pelatihan beternak ayam ras dan berkebun cengkih. Tahun 96′, memulai pengembangan teknologi kultur jaringan. Pengaruh Institut Pertanian Bogor sangat besar bagi Darul Falah. Secara formal telah ada kerjasama tertulis antara yayasan Darul Falah dengan IPB. Bahkan sejak awal berdirinya ada personal-personal pesantren yang bekerja atau menjadi mahasiswa IPB.

Motivasi Santri

Agar para santri tertarik berbisnis pertanian, pesantren tidak mendorong santri untuk melihat keuntungan, namun pada probleme di lapangan. Pesantren banyak berbagi pengalaman dalam memberikan pendidikan kepada para santrinya dalam memotovasi santri.

“Ketika awal memberikan pemahaman pada para santri beragribisnis tidak berpijak ada angka keuntungan tapi memotivasi mereka untuk berwirausaha menyelesaikan persoalan yang dihadapi di wilayahnya dan kemudian membuahkan keuntungan”.

Aplikasi pendidikan diantaranya program magang usaha dalam fokus untuk mengembangkan daerahnya dengan pilihan usaha agribisnisnya tersebut. Pilihan tempat pada peternak sukses, UKM sukses sehingga bisa bertemu langsung pendirinya untuk berbagi pengalaman, berbeda bila magang pada perusahaan besar yang kemungkian kecil bertemu dan bisa sharing.Santri juga dilatih untuk penyuluhan dan dakwah.

Dafa Training Center (DTC)

Pesantren ini pula memiliki Dafa Training Center (DTC) yang berguna menyusun materi-materi pelatihan bagi santri. DTC mulai melakukan pelatihan pada tahun 68′. Pelatihan pertama yang diselenggarakan yaitu Peningkatan Produksi Ternak Unggas (PPTU), khususnya ayam ras.

Setiap tahunnya DTC dapat menyelenggarakan pelatihan berkisar antara 2-6 angkatan. Setiap angkatan diikuti oleh 5-30 peserta. Hingga tahun 2009 telah terselenggara 480 pelatihan dengan alumni sebanyak lebih dari 14.400 peserta.

Metode pelatihan DTC yaitu metode partisipatif dengan lebih banyak memberi kesempatan peserta bekerja aktif. Lebih banyak materi praktek. Teori merupakan pengalaman dari praktek yang pernak dilakukan.

Sumber : Directory LM3 Model 2006-2009. Dari Akar Religi Menjadi Gerakan Agribisnis Yang Mengakar Di Masyarakat. Kemenag, 2010.


1 Comment

  1. kahuripan says:

    Maju terus pesantren indonesia !!!!
    By: Ustadz | Ponpes Sirojul Huda Bogor.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Forsum

%d bloggers like this: