FORSUM

Home » Uncategorized » Susu Bubuk Afkir

Susu Bubuk Afkir

Edisi kali ini Team Formulasi Ransum akan membendah mengenai pemanfaatan susu afkir sebagai bahan tambahan pakan ayam. Hal ini juga untuk menjawab pertanyaan dari CENTRAL TERNAK JATISABA mengenai penggunaan susu afkir.

Central Ternak Jatisaba : “Asswrwb,. gan maaf sy mau tanya kalo ayam potong di kasih tambahan rangsum susu afkir gimana? signifikan terhadap pertumbuhan tidak? formula rangsum + susu gimana? terimakasih CTJ”

Jawab :

Oke disini saya akan menjelaskan mengenai susu bubuk afkir, dikarenakan banyak kita jumpai dari limbah pengolahan pabrik susu. Dan penting diperhatikan susu afkir kita gunakan sebagai pakan tambahan yang berarti berfungsi untuk melengkapi dan meningkatkan zat nutrisi mikro seperti vitamin, mineral atau asam amino yang seringkali kandungannya dalam ransum kurang atau tidak sesuai dengan standar. Sehingga diharapkan dapat memperbaiki kualitas ransum dan meningkatkan proses pencernaan dan penyerapan zat nutrisi ransum (Katsir, 2003). Jadi susu afkir ini bukan sebagai pakan utama, tetapi tambahan.

Susu afkir merupakan susu yang sudah tidak dipakai atau di konsumsi lagi oleh manusia. Susu bubuk afkir merupakan sisa-sisa susu bubuk yang menempel pada alat produksi atau juga bisa susu bubuk yang sudah kadaluarsa sehingga kadar nutrientya tidak jauh berbeda dengan susu yang tidak diafkir (Irianto, 2011).

Kelebihan memilih susu bubuk afkir sendiri yaitu memiliki kandungan gizi yang sangat komplit dan kompleks, mudah didapatkan, harga relatif terjangkau, tidak bersaing dengan kebutuhan manusia dan komposisi gizinya memadai.

Komponen-komponen susu afkir adalah zat nutrisi makro dan zat nutrisi mikro. Zat nutrisi makro meliputi  protein, lemak dan laktosa. Kandungan zat nutrisi makro rata-rata susu afkir per 100 gram adalah protein 25,8 %, lemak 0,9 %, laktosa 4,6 %. Kadar zat nutrisi mikro pada susu bubuk afkir sangat komplit, seperti vitamin, mineral dan asam amino. Vitamin yang terdapat di dalam lemak susu yaitu vitamin A, D, E, K, sedangkan vitamin yang larut di dalam susu yaitu vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin A dan vitamin D (Widodo, 2002). Vitamin yang larut di dalam susu yang terpenting ialah vitamin B1, B2, asam nikotinat, dan asam pantotenat (vitamin B5). Mineral yang terkandung dalam susu bubuk adalah kalsium, magnesium, fosfor (Poedjiadi, 2006).

Berdasarkan penelitian M. N Alim (UNAIR) susu afkir dapat meningkatkan konsumsi pakan ayam disebabkan susu afkir memberikan bau dan rasa yang baik pada pakan sehingga ayam akan menyukai pakan yang ditambahkan susu afkir. Penambahan susu bubuk afkir sebesar 5%, 7,5% dan 10% dari total ransum komersil memberikan bobot badan yang semakin tinggi di bandingkan dengan ransum komersil tanpa penambahan susu bubuk afkir.

Selanjutnya nilai konversi pakan ayam pun semakin baik (semakin rendah nilai konversi pakan maka akan semakin baik ) dikarenakan susu afkir memiliki kandungan zat nutrisi mikro yang komplit sehingga dapat menurunkan konversi pakan. Dan dari uji proksimat ternyata kandungan serat kasar susu afkir 3,42% lebih rendah daripada pakan komersil kontrol 4,04%. Konversi pakan yang lebih rendah memperliharkan daya cerna ransum penambahan susu afkir lebih baik yang sesuai dengan pernyataan Anggorodi (1994), besar kecilnya konversi pakan dipengaruhi oleh daya cerna ternak, kualitas pakan yang dikonsumsi serta keserasian nilai nutrient yang dikandung pakan tersebut.

Adapun pemberian tambahan susu bubuk afkir sebesar 5%, 7,5% atau 10% dan diberikan setelah ayam berumur 2 minggu.

Untuk pertumbuhan, disini saya definisikan sebagai hasil akhir bobot badan, maka berdasarkan PBB nya penambahan susu afkit ini memberikan PBB yang berbeda nyata dengan penambahan sebesar 10 % yang terbaik hasilnya. Jadi anda bisa menggunakan susu ini sebagai tambahan dengan pilihan penambahan 5%, 7,5% dan 10%.

Dan penting pula diperhatikan bahwa semakin tinggi lama kadalwarsa susu afkir sampai tingkat kadar kadalwarsa 4 bulan makan nilai biologis dan kecernaan lemak kasar ayam pedaging akan semakin menurun. Maka semakin sebentar lama kadaluarsa akan semakin baik untuk digunakan.

Terimakasih.

Formulasi Ransum

Bagaimana dengan anda, tertarik untuk memanfaatkan susu bubuk afkir?? Atau ada yang ingin di tambahkan??

Sumber :

  • Anggorodi, R. 1994. Ilmu Makanan Ternak Umum. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
  • Irianto, A. 2011. Pengaruh Pemberian Yoghurt Susu Afkir yang Diperkaya Nata de Coco dalam Mengendalikan Kolesterol Darah Tikus Putih. Fakultas Biologi Universitas Jendral Soedirman. Purwokerto.
  • Katsir, I. 2003. Pentingnya Suplementasi Ransum. Info Medion. Bandung.
  • M. N. Alim. Pengaruh Pemberian Susu Afkir Terhadap Performan Ayam Pedaging Jantan. Departemen Peternakan.Universitas Airlangga.
  • N. G Kaloka. Pemanfaatan Limbah Susu Bubuk Afkir Sebagai Pakan Tambahan Pada Pakan Komersial Terhadap Persentase Berat Karkas dan Lemak Abdominal Ayam Pedaging Jantan. Departemen Peternakan.Universitas Airlangga.
  • N. Sukaryadi. 2003. Evaluasi Bahan Pakan Asal Susu Bubuk Kadaluwarsa Untuk Penetapan Nilai Biologis (Biological Value) dan Kecernaan Lemak Kasar Pada Ayam Pedaging. Skripsi. UMM Malang.
  • Poedjiadi, A. 2006. Kajian Pustaka Susu Skim. UPI. Bandung
  • Widodo, W. 2002. Bioteknologi Fermentasi Susu. Pusat Pengembangan Bioteknologi. Universitas Muhammadiyah. Malang.

7 Comments

  1. Apakah susu bubuk afkir jg bz dgunakan u/ jenis burung kenari anakan u/ memacu pertumbuhan ???

  2. satriya says:

    kalau untuk tanaman gimana ?

  3. Arifin says:

    Kalo untuk ayam pejantan seandainya bahannya hanya jagung,bekatul,tepung ikan dan susu skim saja,berapa perbandingannya?

  4. Kelyk Tryana says:

    jika memerlukanya bisa diperoleh di
    cv.AG Lestari
    http://www.pakan-alternatif.com
    081335111222

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Forsum

%d bloggers like this: