FORSUM

Home » Uncategorized » Membuat Pellet Herbal Yuk (Gurami)..

Membuat Pellet Herbal Yuk (Gurami)..

Pellet herbal?? Ya.. Pelet herbal. Pellet merupakan bahan pakan yang dipadatkan sedemikian rupa dari bahan konsentrat atau hijauan untuk mengurangi keambaan pakan. Sedangkan herbal versi Peraturan Menteri Kesehatan 246/Menkes/Per/V1990 merupakan bahan atau ramuan bahan berupa tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral sediaan gelenik atau campuran dari bahan-bahan tersebut, yang secara tradisional telah digunakan sebagai obat-obatan. Tanaman itu sendiri tidak hanya mencakup daun tetapi juga bisa berupa biji, batang, buah dan akar.

Berarti jika kita definisikan pellet herbal merupakan pakan yang dipadatkan sedemikian rupa yang berasal dari tumbuhan yang berfungsi juga sebagai obat atau pencegahan penyakit.

Sehingga ada dua keuntungan yang didapat, dari pellet akan meningkatkan konsumsi dan efisiensi pakan, meningkatkan kadar energi metabolis pakan, membunuh bakteri patogen, menurunkan jumlah pakan yang tercecer, memperpanjang lama penyimpanan, menjamin keseimbangan nutrient dan mencegah oksidasi vitamin. Dari segi herbal berarti pakan tersebut juga berfungsi untuk mencegah ataupun mengobati penyakit.

Nah, sudah panjang lebar pengertian dan keuntungan yang kita peroleh, Pertanyaan selanjutnya “Bagaimana cara meraciknya??“,

Oke, langsung saja disini saya akan memfokuskan pada pembuatan pellet herbal untuk ikan gurami. Berdasarkan pengalaman dari Bpk. M. Nurul Badrus yang dimuat dalam TROBOS kita dapat meramu dari bahan pakan yang sebagian besar berasal dari tanaman, antara lain :

  • Jagung, bungkil kelapa, dedak padi, ampas tahu dan ikan runcah
  • Bahan herbal yaitu ragi, bawang putih, kunir kuning, jahe, tomat, wortel, jantung pisang, nanas, rebung bambu, nasi, air leri (bekas cucian beras) dan gula kelapa yang difermentasi terlebih dahulu

Proses selanjutnya bahan-bahan tersebut dicampur dan dibentuk pellet. Apabila kita memiliki keterbatasan alat maka kita dapat mengandalkan sinar matahari (bentuk pelet tenggelam).

Sebagai pendukung pakan, maka kita dapat menambahkan suplemen tambahan berupa pakan hijauan dari daun talas.

Keunggulan dari pellet herbal ini diantaranya bawang puting yang bermanfaat mencegah penyakit kulit dan nutrisi kunir kuning untuk menambah nafsu makan. Kemudian wortel untuk vitamin A dan Tomat untuk vitamin C.

Baca Juga Artikel menarik Lainnya :


17 Comments

  1. Anonymous says:

    dirumah pelihara ikan.. ada gurame, nila, patin, mau sample nya dunk,, :)

  2. Idah Ceris says:

    Daerahku belum ternak ikan sexy,. . .
    lebih banyak petani. . .^_*

  3. forsum says:

    Terimakasih idah ceris atas like nya..

  4. sutisna says:

    sutisna. oke!!! kita bikin pellet herbal bareng2. juga buat pellet herbal lele and ikan tawar lainnya.

  5. Budi says:

    patut dicontoh ini cara pemuatan pelet unutk ikan gurmai ini, makasih sudah berbagi ilmu.

  6. tiand says:

    boleh mnta alamat fb dan no hp nya om,

  7. doelghofoer says:

    bagi rekan2 peternak ikan gurame yg sedang cari2 pakan alternatif,kami juga menyediakan Azolla microphylla sebagai pakan alternatif untuk ikan gurame,azolla dengan kandungan protein yg tinggi,sangat baik untuk perkembangan gurame.anda dapat membudidayakanya sendiri sebagai stok,azolla sangat cepat berkembang biak,mudah di budidayakan.dengan membudidayakan azolla,anda serasa punya pabrik pakan sendiri.info hub 085264608009

  8. budi says:

    Selamat pagi bpk/ibu
    Sy baru memulai usaha ternak ikan mujair
    Awal yg sy tanam bibit ukuran tiga jari
    Yg mau sy tanyakan..
    Berapa lama ikan mujair dari ukuran tiga jari sampai panen.?
    Atas informasinya sy ucapkan terimakasih.

  9. galih ari irawan says:

    gan, saya mau nanya? gimana cara manen ikan gurami biar gag stres? mohon infonya? mohon di maklumi, saya masih pemula…

    • forsum says:

      ini ada dua jawaban gan,, versi gan yudhis dan rossa :

      Yudhis : saya pernah di infokan sama teman yang pernah budidaya gurame, jadi pas mau di panen kolam di bagi 2 dengan waring kemudian di tebar daun-daun kering, lama” ikan gurame berkumpul dan ditangkap dah,
      biasanya sih pengepul gurame sudah tahu tekniknya..

      Gan Rossa :
      panennya beda sama lele kalau gurame ikannya diambil pake waring ikannya sudah sedikit baru airnya dikosongkan, begitu juga benih, kalau langsung di keringkan kayak lele nanti ikannya stress,…sedikit pengalaman,

  10. coby gusto says:

    gan. tlg lebih terperinci takarannya donk.
    aku tertarik tuh……..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Forsum

%d bloggers like this: