FORSUM

Home » Uncategorized » Jerami Padi Fermentasi

Jerami Padi Fermentasi

Kesulitan penyediaan hijauan makanan ternak (HMT) selama musim kemarau dapat ditanggulangi dengan mengoptimalkan pemanfaatan jerami padi yang melimpah . Melimpahnya jerami padi pada saat panen, dapat disimpan dan diawetkan melalui beberapa metode fermentasi yang telah dikembangkan dan salah satunya dengan menggunakan larutan biostarter jamur Trichoderma sp. Melalui proses fermentasi, jerami padi dapat ditingkatkan nilai nutrisi terutama kandungan serat kasar dan juga palatabilitasnya karena bau jerami padi fermentasi (JPF) sangat disukai oleh ternak (Purnama dan Hidayat, 2006).

Nah,, JPF sebanyak 6 kg kering yang setara dengan 35 kg jerami segar kita berikan 3 tahap yaitu pada jam 12 .00, jam 14.00 dan jam 17 .00. Untuk menutupi kekurangan gizi dan mineral dan sebagai upaya meningkatkan bakteri rumen, diberi tambahan pakan penguat yang terdiri dari konsentrat sebanyak 1 kg, dedak padi I kg dan ampas tahu sebanyak 5 kg yang diberikan 2 tahap yaitu pada pagi hari dan sore hari masing-masing 50%.

Hasil yang didapatkan jika kita menggunakan pakan penggemukan ini yaitu memberikan PBBH 0,73-0,98 kg/hari menyamai PBBH pada penggemukan sapi PO dengan pemberian rumput Raja sebesar 10% dari bobot hidup.

Untuk penggemukan sapi potong disarankan bobot badan hidup (BBH) awal sapi bakalan sebaiknya diatas 250 kg, karena dengan BBH yang tinggi diperkirakan akan mendapatkan PBBH yang tinggi.

Sumber : Hidayat dan Purnama, R.D. 2006. Pengamatan Pemberian Jerami Padi Fermentasi (JPF) Yang Disuplementasi Pakan Penguat Pada Penggemukan Berbagai Jenis Sapi Potong. Balitnak : Temu Teknis Nasional Tenaga Fungsional Pertanian 2006.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Forsum

%d bloggers like this: