FORSUM

Home » Uncategorized » Cacao Pod Fermentasi (Cokelat)

Cacao Pod Fermentasi (Cokelat)

Tulisan saya kali ini mengenai potensi penggunaan cokelat,, Cokelat sebagai salah satu produk ekspor kita tidak ada salahnya jika kita mengembangkan limbah cokelat sebagai alternatif pakan, khususnya bagi ruminansia.

Berdasarkan pemaparan M. Suharto (Direktur CV Lembah Hijau Multifarm, dalam Lokakarya Nasional Sapi Potong) yang dipublikasikan Balitnak Ciawi kita dapat memanfaatkan cacao pod fermentasi.

Adapun cara pemanfaatannya : 1. Cacao pod segar diturunkan kadar airnya hingga 70% dengan dikeringkan sinar matahari selama 6 jam. 2.) Cacao pod difermentasi dengan starbio dan ditambahkan urea dengan dosisi 3 kg starbio dan 6 kg urea/ton cacao pod selama 2 minggu. 3.) setelah 2 minggu maka fermentasi cacao dibongkar, dikeringkan dan digiling dengan lubang saringan 50 mm (agar cacao pod tetap memberi efek ruminansi yang baik).

Fermentasi starbio bertujuan menaikkan daya cerna, palatabilitas dan penyerapan nutrisi cacao pod dengan starbio bermanfaat juga meredam efek buruk racun theobromine pada cacao pod.

Berdasarkan hasil penelitian pada sapi Brahman Cross ransum dengan komposisi 30% cacao pod fermentasi + 70% konsentrat lebih disukai dibandingkan dengan pemberian 30% rumput gajah, hal ini dikarenakan teksturnya yang lebih lunak dan aromanya yang lebih enak.

Kandungan nutrient cacao pod fermentasi yaitu PK 12,9%, LK 1,32%, SK 24,7%, TDN 63,2% dan KCBK 38,4%. Pertambahan Bobot Badan sebesar 1,2 kg/hari (30% cacao pod fermentasi dan 70% konsentrat).

Sumber : Suharto, M. 2004. Dukungan Teknologi Pakan Dalam Usaha Sapi Potong Berbasis Sumberdaya Lokal. Lokakarya National Sapi Potong 2004.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Forsum

%d bloggers like this: