FORSUM

Home » Uncategorized » Student Business Expo (UGM)

Student Business Expo (UGM)

Sebagai realisasi dari teori yang didapatkan dari mata kuliah Kewirausahaan, mahasiswa Fakultas Peternakan UGM gelar Student Business Expo pada Rabu (30/5) di halaman Fakultas Peternakan. Sebanyak 9 stand dibuka dalam expo ini dengan menjual berbagai produk buatan mahasiswa antara lain bakso bakar, es campur, macaroni schotel goreng dan sosis bakar.

Menurut Mujtahidah Anggriani Ummul M, S.Pt., M.P., Ph.D dosen Fakultas Peternakan sekaligus koordinator praktikum mata kuliah Kewirausahaan, kegiatan ini diadakan sebagai final theory dari mata kuliah tersebut dan bertujuan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha pada mahasiswa. Mitos yang muncul dalam dunia kewirausahaan adalah jiwa wirausaha merupakan bakat turunan dan tidak bisa diciptakan. Dengan expo ini mahasiswa diajak untuk mulai mengembangkan jiwa wirausaha, meski mereka merasa tidak punya bakat di bidang ini.

Kegiatan expo yang merupakan rangkaian kegiatan mata kuliah Kewirausahaan ini sebagai bukti bahwa kegiatan usaha memerlukan perhitungan dan pemahaman teori kewirausahaan yang baik, bukan merupakan kegiatan usaha yang berdasar gambling. Mahasiswa juga telah mempersiapkan business plan sebelum memulai expo ini.

Dr. Ir. Suci Paramitasari Syahlani, MM selaku salah satu pengampu mata kuliah Kewirausahaan, menambahkan bahwa kegiatan ini diharapkan mampu membuka cakrawala mahasiswa di dunia bisnis. “Intinya adalah ke depan dunia usaha semakin ketat, produk bersifat global dan batasan negara terhapus. Mahasiswa diharapkan menjadi bagian industri yang kreatif yang mampu membuat setting harga lebih baik dan membuat value added suatu barang lebih tinggi,” ujarnya di sela-sela pelaksanaan expo.

Produk-produk yang dijual dalam expo ini dinilai berdasarkan beberapa kriteria yaitu organoleptic (penilaian berdasar 4 panca indra yaitu rasa, tekstur, aroma dan tampilan), packaging produk, penampilan stand, manfaat produk dan keuntungan yang didapat. Jenis produk yang dijual bebas agar kreatifitas mahasiswa tidak terbatasi. Selain menjual barang, dalam expo ini mahasiswa juga diperbolehkan menjual jasa, misalnya jasa event organizer, jasa pembuatan website dan sebagainya. Sejak dibuka pukul 8, beberapa stand mampu menjual habis produknya sebelum pukul 12.

Sumber : Fakultas Peternakan UGM


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Forsum

%d bloggers like this: