FORSUM

Home » Uncategorized » Pengembangan Peternakan Sapi Perah Modern

Pengembangan Peternakan Sapi Perah Modern

Koperasi Peternak Bandung Selatan (KPBS) mulai merintis peternakan sapi perah secara modern melalui PT UPBS. Jumlah sapi yang dikelola UPBS sebanyak 1.035 ekor dengan peternak yang mengelolanya hanya 69 orang.

Ketua KPBS H. Aun Gunawan, SE menyebutkan,seorang peternak diberi tanggungjawab mengelola sapi sebanyak 15 ekor. “Setelah 7 tahun pengelolaan, sapi-sapi tersebut menjadi hak milik peternak itu sendiri,” kata Aun Gunawan. dalam rilisnya ke “PRLM”, Rabu (15/8/12).

Ia menilai produksi susu yang dihasilkan dari PT. UPBS berkualitas baik, mengingat pemeliharaan sapi di lokasi tersebut sudah menggunakan cara mekanisasi. Mulai dari pengolahan pakan ternak, hingga pemerahan susu seluruhnya memanfaatkan teknologi mesin.

“Benih sapinya itu sendiri, memang termasuk benih unggul yang berasal dari Australia,” tambah Aun Gunawan.

Produksi susu sapi yang berasal dari PT.UPBS mencapai 32.000 liter/hari. Hal itu menurut dia sangat memungkinkan, mengingat seekor sapi di tempat itu bisa menghasilkan 20 liter/hari, bahkan ada yang mencapai 40 liter/hari/ekor.

PT PBS merupakan perusahaan swasta yang didirikan atas kerjasama antara PT. Susu Ultra dan KPBS dengan menempati lahan seluas 60 hektare.

“Sejak berdiri tiga tahun lalu, jumlah sapi yang ada di lokasi tersebut kini telah mencapai 3.076 ekor. Pada saat perusahaan ini berdiri, jumlah sapi yang didatangkan dari Australia hanya 2.000 ekor,” katanya.

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Forsum

%d bloggers like this: